Senin, 03 Juni 2019

Menapaki perubahan kehidupan

Selamat berjumpa,
Hari ini... dan mungkin sejak kemarin dulu bahkan sejak lama, kita bisa melihat, mendengar dan merasakan adanya segala sesuatu yang berubah di sekeliling kita. Ada yang selalu berulang dan ada pula yang terus berubah, mulai dari hal paling kecil/sepele sampai ke hal-hal yang besar dan istimewa. Dan memang, kalau kita mau menyaksikan semua itu, agaknya dapat disimpulkan bahwa tak ada sesuatu pun di dunia ini yang tidak pernah berubah atau bersifat abadi, dan justru perubahanlah yang selalu terjadi pada apa saja, di mana saja dan kapan pun saja. Justru perubahan itulah yang akan selalu terjadi.
Dalam kehidupan kita sebagai makhluk, kita mengenal adanya perubahan baik secara internal (individu) maupun secara eksternal (keluarga, masyarakat, lingkungan, negara dsb). Perubahan-perubahan tersebut ada yang menuju arah positif (menguntungkan, menyelamatkan) namun ada pula yang menuju arah negatif (merugikan, mencelakakan, menghancurkan, memusnahkan) dan banyak pula yang arahnya belum jelas karena masih dalam proses yang panjang. Adapun dari semua proses perubahan itu kita hanya bisa melihat dari tingkat kecepatannya yaitu dari kecepatan paling rendah yang kita sebut dengan istilah lambat sampai kecepatan sangat tinggi yang diistilahkan sebagai super cepat.
Seringkali kita mendengar adanya semboyan " jadikanlah diri Anda/kita ini agen-agen perubahan !"  Semboyan seperti ini agaknya tidaklah menjadi tepat apabila Anda menelusuri tulisan ini dari awalnya, sebab tanpa berusaha apa pun, dan dalam keadaan diam sekalipun, sebenarnya kita semuanya akan mengalami/menjalani perubahan, baik secara individual maupun bersama-sama dengan perubahan segala sesuatu di luar diri kita. Adapun maksud dari semboyan tersebut adalah memotivasi diri Anda/kita untuk berani memulai suatu perubahan. Memulai di sini bisa berarti mengawali secara pribadi, bisa juga berarti ikut mendukung suatu permulaan perubahan, itu tergantung dari posisi Anda/kita masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar